19 Agustus 2014

Secangkir Kopi Hangat Tengah Malam

5 menit lalu, tiba – tiba terlintas rasa kesepian yang menjalar begitu saja saat terbangun dari tidur singkat karena terlalu lelah seharian dengan pekerjaan kantor yang akhir – akhir ini mulai kembali ke titik klimaksnya setelah sempat dua minggu lamanya terbengkalai. Ah, begitu seringnya rasa kesepian itu merambat akhir - akhir ini. Mungkin saia masih terbawa suasan di kampung ;D .Cuti, meninggalkan sejenak hiruk pikuk kota Jakarta, menikmati damai dan tenangnya di sudut sebuah desa Tembokrejo, Jember, dimana separuh hati saia ada disana, keluarga. Haaahhh....tapi ternyata, ada rasa kangen juga dengan kota Jakarta dan segala mimpi yang saya torehkan pada kota ber- Monas dan ber-busway ini :D

Selain kopi “White Frappe” hangat yang menemani saia malam ini, ada alunan syahdu Dave Koz, Kenny G & King of Convenience. Yes, I still love them very much, meski lagu mereka mengingatkan saia dengan Toko Buku Gramedia ;D. Oh ya, jangan lupakan Canon Pachelbel yang juga memberikan nuansa syahdu romantis malam ini. Dan seketika, sepi yang sempat bergelanyut, menjadi kembali meriah. Ada semangat yang kemudian hadir. 

Sudah pertengahan Agustus 2014 ternyata. Sadar atau tidak, waktu begitu cepat berlalu dan disinilah saia, kembali menuliskan sesuatu.

Mengenai "proses".

Suatu tahap menuju pencapaian suatu target. Setidaknya itu definisi saia sendiri. Mungkin Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Wikipedia punya definisi lebih lengkap dan sistematis dalam menjelaskan apa arti “proses”. Tapi bagi saia, proses itu punya kata kunci “TAHAPAN”. Setiap orang yang punya target dalam hidupnya, bisa dipastikan memiliki “tahapan” agar bisa sampai di tujuan hidup masing – masing, Jika tidak, jangan harap akan sampai pada suatu pencapaian. Maka dari itu, “tahapan” harus disusun sedemikian sistematis, logis dan disesuaikan dengan masing – masing karakter manusianya. 

Saia?! Tahun 2014 ini adalah tahun “berproses” bagi saia. Pertengahan tahun ini adalah waktunya mid evaluation. Hasilnya? Bisa dibilang “xoxo”, “not bad”, “i’m proud of my self”. Itulah secara garis besar hasil dari mid evaluation saia di medio 2014 ini. Project 2014 ini, saia namakan “Self Development Program”. Project tahunan dengan 3 major project yang dipecah menjadi banyak tahapan. Namanya juga project jangka panjang, tahapan di awal pasti lagi kenceng – kencengnya, tahap pertengahan (seperti sekarang ini) mulai agak kendor dan akan kembali meningkat perlahan di tahapan akhir (mengingat batas target yang semakin dekat). 

Agustus ini, masuk ke Quarter III. Semangat mulai kendur, malas dan jenuh melanda, berpotensi mengacaukan rencana yang sudah tersusun. Ada kalanya terbersit keinginan untuk berhenti di tengah jalan. Namanya juga ber-project dengan diri sendiri, pastinya ada banyak excuse yang berlaku. Ini sebetulnya haram hukumnya. Disiplin, mau tidak mau harus dijalankan, demi tercapainya target sampai di akhir tahun nanti. 

Saia termasuk orang yang cepat jenuh dengan sesuatu yang bernama jangka panjang dan monoton. Bagusnya, kreativitas jadi terasah untuk membunuh rasa bosan. Jeleknya, banyak target yang berakhir dengan kegagalan karena di pertengahan jalan fokus saia teralihkan dengan sesuatu yang lain yang lebih menarik. Ini terjadi di tahun – tahun lalu. Di 2014 ini, saia paksa otak, otot & perasaan saia untuk bersinergi. Target yang ada pun saia kerucutnya menjadi seminimal mungkin. Dari awalnya belasan, saia sisakan menjadi 3. Ya, hanya 3. Jika dulu saia tidak terlalu mendetailkan proses/tahapannya, sekarang saia buat se-detail-detailnya dan sejelas – jelasnya. Ternyata, dengan metode tersebut justru menstimulasi otak saia untuk menikmati setiap proses dan stay on the track at the same time. That’s great! Saia merasa bahagia & bersemangat menjalani hidup. 

Jika jenuh melanda, refreshing adalah kunci utama untuk menikmati setiap tahapan hidup. 

Buat saia, musik instrumental, buku, kopi, olahraga yang bikin keringetan, nongkrong, traveling ke pantai atau gunung, menulis & meditasi rohani adalah  jenis refreshing yang benar – benar bikin pikiran jadi fresh. 

Buku. Buku apapun pasti saia lahap asal tulisannya tidak abal – abal. Teenlit? BIG NO! Magazine? NO! Mereka terlalu komersial, bahasan yang terlalu acakadut juga kadang bikin saia mual.

Yoga, Zumba, Badminton & Jogging di Taman Suropati adalah favorit saia. Selain bisa menghilangkan rasa kalut dan galau, dengan berkeringat juga bisa membuat saia bisa tidur dengan damai :)

Meditasi rohani adalah jenis refreshing yang paling utama bagi saia. Mendatangkan beribu ketenangan dan kedamaian di setiap detiknya. Serasa Tuhan ada di setiap hela nafas, hentakan kaki dan kedipan mata. Tuhan adalah kekuatan dan ruh di setiap tahapan hidup saia. Itu saja sudah cukup ;)

Apapun target yang tersusun, selamat menikmati prosesnya!!! Selamat menjadi manusia yang terbarukan ^_^

Tidak ada komentar: