24 September 2012

Review #maemEnak : Resto Pempek Kolecta

#maemEnak saia weekend ini, masih juga di seputaran Batam (ya iyalah...masih ngendon di sini pun!).

Berhubung weekend ini kondisi keuangan lagi SEKARAT dan mendamba turunnya hujan uang esok pagi (yg ini jujur bgt loh, didompet sisa 100ribu doang buat bertahan hidup sampe Selasa depan) #nangisDiPojokan, maka tema weekend kali ini "Gemana Caranya Biar Tetep bisa Jalan2 pake uang 50 ribu". Oke, Sipppp!!!

Well, weekend ini pilihan jatuh ke:

"RESTO PEMPEK KOLECTA"
Mega Mall Lt. 3, Batam Centre.

Ini rekomendasi si Kang Mas, dese "maksa" saia buat nyobain menu "nasi lemak" disini. Maklum lah ya, kalo di Jawa mungkin "nasi lemak" bisa dengan mudah didapet, murah lagi. Ibaratnya, tiap tikungan pasti ada warung yg nyediain menu "nasi lemak" ini. Nah, sini pan bukan Jawa ya Maaakk, jd lah kl lg ngiler "nasi lemak" butuh usaha agak keras dan pengorbanan "duit"-nya ga' sedikit :))

Enaknya disini, kalo qta "lucky", bisa dapet tempat duduk yg menghadap langsung ke laut. lamayan buat liat2an. Tadi sik ga' begitu rame ya, jadi qta bisa leluasa milih tempatnya.


Pesen menu. Awalnya emang pengen pesen "nasil lemak" seperti yg direkomendasikan, eh tapi yah, kq nasi kuning lebih bikin 'ngiler deh daripada nasi lemak. heuheuheu, jadilah saia pesen Nasi Kuning minumnya Es Dawet. Maklum, lg kangen minuman kampung halaman :))

Beda lagi sama partner in crime saia, kalo menu yg saia pesen itu ada bau2 Endonesia-nya, agak2 bau2 kampung halaman gitu, dese malah  sok2anpilih menu Chicken Katsu Bento. Haiyaaahhh, mana...mana...mana jiwa patriotisme-mu NAAAKKKK!!!! :DDDD

OOO iyyyaaa, satu lagi menu yg saia pesen, Pempek Lenggang. 

Mwuahahahaha, kalo menurut saia ya, aneh aja konsep menu di resto ini. Ada nasi lemak, pecel, gado2 + nasi kuning yg dari Jawa, ada juga sajian Pempek yg asalnya dari Palembang, sama Bento....ini dari Jepang kan ya???. Ini yg bikin aneh, resto ini semacem disorientasi (ceile...bahasanya ya...sesuatu!) konsep menu. Maksut saia, ini mau dikonsep semacem menu serba ada gitu?! tapi koq ga' semua ada?! tapi koq ya ga' lengkap?!. Trus, kalo emang mau dikonsep menu sajiannya Indonesia banget kq ada bento-nya?!. Tuh kan?! ga' jelas...





 

Haiiyyaahh, malah gantian saia yg disorientasi tulisan jadinya :)))

Oke, untuk nilainya sih cukup grade 7 of 10 lah yaaaaa, secara posisi tempat duduk yg menghadap ke laut itu bikin tenang.

OO yaa, satu yg bikin qta BeTe, pelayanannya BURUK. Pas makan tadi, Kang Mas PIC kurang saos sambal ceritanya, udah minta tambah ke mas2 pelayannya, si mas2 bilang "oke pak, saia bawakan, tunggu sebentar ya..". Eeeehh, sampe makanan qta abis pun ga' juga nongol si saos sambalnya. Kalimat "SEBENTAR" tadi refers to what? is there any different definition between Him and us?.

Ini nih yg seringnya bikin saia BeTenya minta ampun dan kapok mau balik maem disitu lagi. Meskipun rasa makanannya lumayan enak. Udah SAKIT ATI.

Mungkin buat orang lain perkara sepele ya, cuma buat saia, hak2 customer itu HARUS dan WAJIB itu diberikan sepenuhnya oleh Owner. Kenapa saia berani bilang seperti itu?! hampir 3 taun saia bekerja sebagai "pelayan" costumer (cuma beda field aja). Complain itu pasti ada dari costumer tentang "pelayanan" qta dan itu saia anggap wajar selama itu adalah HAK-nya dia dan masih dalam lingkup "KEWAJIBAN" saia/kami untuk memenuhi hak2 tersebut. Jadi saia tau betul rasanya menjadi yg di complain-in.

Nah, di Resto pun harusnya 11 - 12 keadaannya dengan perusahaan tempat saia nyangkul sekarang. Cuma bedanya, saia di Resto ini sebagai peng-complain.

Kasus saos tadi adalah HAK saia yg harus dipenuhi oleh mas2 pelayan tadi sebagai (perwakilan) penjual. Kalo keadaan seperti tadi terjadi 3 - 4 kali dalam sehari, jangan salahkan kalo penghasilan resto itu menurun sebagai imbas dari ketidakpuasan customer.

Pernah merasakan di posisi yg di-complain & peng-complain, membuat saia lebih mengerti betul untuk berusaha memposisikan diri baik sebagai custumer maupun sebagai owner.

Ibaratnya begini, saat menjadi customer, tau & ngerti hak2 apa saja yg seharusnya saia peroleh dan complain macam apa yg seharusnya disampaikan jika ada yg tidak sesuai dengan hak2 tersebut, yg pasti, sebagai customer jangan pernah ada kata "MERUGI". Kita HARUS mendapatkan apa yg sudah dibayarkan.

Saat menjadi Owner, tau, mengerti dan menjalankan semua kewajiban yg sudah menjadi deal/kesepakatan dalam suatu perjanjian dengan customer. Pastikan kewajiban yg memang kita lakukan tersebut tidak melenceng dari apa yg sudah disepakati bersama. istilahnya, saya kerjakan apa yg telah anda bayarkan, kecuali qta dengan sukarela bekerja tanpa ada imbalan. Jadi "HITAM DIATAS PUTIH" itu sudah menjadi hal wajib dalam suatu kesepakatan dan jangan pernah terucap kata "KECEWA" dari customer, karena akan berdampak buruk terhada kredibilitas kerja/pelayanan kita ke customer lainnya.

Aaaaiidaahh, udah agak ngelantur kemana2 kayaknya nih bahasannya. Heuheuheu, tapi ga' pa2, #maemEnak itu ga' seharusnya cuma ngisi perut, tp juga bisa ngisi OTAK qta dengan pelajaran sosial yg ga' diajarin disekolahan. Ya ga'?!

Selamat menyambut "SENIN" kawan and say NO NO NO for BAHENOL (Badan Hebat Otak NOL) ^_____.^


Tidak ada komentar: